Diskon 14% PEKANITA memperingati hari pemberontakan PETA

Tahukan kita, dalam sejarah nasional bangsa kita bangsa Indonesia bahwa setiap tanggal 14 Februari di peringati sebagai hari peristiwa Pemberontakan PETA (Pembela Tanah Air)?

Tentara PETA dibentuk pada tanggal 3(tiga) bulan 10 (Oktober) tahun 1943 (seribu sembilan ratus empat puluh tiga) berdasarkan maklumat Osamu Seirei No 44, yang diumumkan oleh Panglima Tentara Ke-16 yakni Letnan Jendral Kumakichi Harada sebagai Tentara Sukarela. Peta dibentuk oleh Jepang dengan tentara-tentara yang berasal dari pribumi. Adapun tujuan dibentuknya PETA adalah untuk mempertahankan pulau Jawa, Bali, dan Sumatera dari pasukan Sekutu (Amerika Serikat, Inggris, Australia, Belanda). Dalam melakukan latihan, pasukan
PETA dipusatkan di kompleks militer Bogor dan diberi nama Jawa Bo-ei Giyûgun Kanbu Resentai.

Mantan presiden Soeharto dan Jendral Besar Soedirman merupakan beberapa tokoh nasional yang dulunya pernah tergabung dalam PETA. Para veteran tentara PETA juga berperan menentukan perkembangan dan evolusi militer di Indonesia. berapa diantaranya adalah menjadi bagian penting dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Tentara Keselamatan Rakyat, Tentara Republik Indonesia (TRI) hingga akhirnya sekarang menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Karena hal ini, PETA banyak dianggap sebagai salah
satu cikal bakal dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Para anggota PETA tergetuk hatinya setelah melihat kerja Rodhi, romusha, dan kerja paksa yang dilakukan Jepang pada saat itu, dimana para pekerja melakukan pekerjaannya tanpa dibayar, tidak diberi makan. Rakyat dikerahkan untuk bekerja paksa membangun benteng dan fasilitas tentara Jepang lainya. Dalam kisah lainnya, Tentara PETA juga semakin geram ketika menyaksikan kelakuan tentara-tentara Jepang yang memperlakukan wanita-wanita Indonesia sebagi budak sex mereka.

Puncaknya pada 14 (empat belas) bulan 02 (Februari) tahun 1945 (seribu sembilan ratus empat puluh lima) pada pukul 03.00 WIB (dini hari) pasukan PETA dibawah komando Shodancho Supriyadi menyerang Hotel Sakura, kediaman para perwira militer Kekaisaran Jepang yang juga digunakan sebagai markas Kempetai, serta beberapa tempat lainnya yang menjadi kediaman tentara Jepang dengan menggunakan mortir dan senapan mesin. Namun pada penyerangan tersebut, diluar dugaan ternyata tempat-tempat yang diserang tentara PETA ini telah dikosongkan, karena rencana pemberontakan PETA telah bocor dan diketahui oleh tentara Jepang.

Namun setidaknya, semangat para tentara tersebutlah yang harus kita contoh, yang harus kita tiru, untuk menjaga negeri Indonesia tercinta, menjaga kehormatan negara dan sesama warga, rakyat indonesia.

PEKANITA memberikan diskon 14% untuk memperingati hari pemberontakan PETA

Dalam rangka meneladai semangat PETA, PEKANITA ingin memberikan potongan sebasar 14% kepada anda para pelanggan setia kami. Promo ini bisa anda dapatkan mulai 11 Februari – 17 Februari 2019. Promo tersebut berlaku untuk semua pembelian produk di PEKANITA, dengan ketentuan pembelian diatas nominal 100.000 (IDR – net), dan maksimal pembelian 400.000 (IDR). Pembelian diatas 400.000 (IDR) dikenakan diskon reguler (minimal 20%).

Silahkan hubungi Customer Service (CS) kami melalui telpon atau SMS melalui nomor 08112999400, atau jika anda ingin memesan melalui aplikasi whatsApp bisa dengan meng-klik tautan berikut: 08112999400.

Share This:

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *